June 22, 2024 - Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian
Sijuk, DiskominfoSP Beltim – Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten Belitung Timur (DiskominfoSP Beltim) Bayu Priyambodo menjadi narasumber dalam acara yang digelar BPJS Kesehatan Pangkalpinang pada Kamis (20/6/24).
Acara yang bertempat di Swissbel Resort Belitung Hotel di Kabupaten Belitung ini merupakan kegiatan Internalisasi Fungsi SDM Umum dan Komunikasi dan The Champ Kedeputian Wilayah III Provinsi Sumsel, Bengkulu dan Lampung Tahun 2024.
Pada kesempatan tersebut, Bayu dipercaya untuk meningkatkan pengetahuan Kepala Bagian SDMUK selaku Duta BPJS Kesehatan yang hadir terkait kebijakan Pengelolaan Informasi dan Dokumentasi (PPID).
Dalam bagian penting paparannya, Bayu menegaskan pentingnya PPID Utama dan PPID Pembantu sebagai unsur utama pelayanan informasi publik bagi badan publik dalam hal ini Organisasi perangkat Daerah di lingkungan Pemkab Beltim.
“Kita (Pemkab Beltim) sebagai Badan Publik dan PPID Pembantu selama ini sudah berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan. Penyebaran informasi yang terkait dengan pelayanan dari BPJS kita sampaikan melalui media sosial yang sudah centang biru,” tutur Bayu.
Selain media sosial, Bayu juga menyebutkan beberapa inovasi yang dicetuskan oleh DiskominfoSP Beltim sebagai sarana Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Hal tersebut bertujuan untuk memberikan informasi yang valid dan transparan kepada seluruh masyarakat.
“Beberapa inovasi yang kita cetuskan di bidang KIP seperti Lawang Beltim, Trawang, Mentudong Beltim, Begalor dan juga portal PPID. Ini untuk mengakomodasi kebutuhan publik akan informasi serta pelayanan terhadap masyarakat,” jelasnya.
Dengan beberapa aplikasi tersebut, Ia berharap Pemkab Beltim dan BPJS Kesehatan bisa terus bersinergi dalam Pelayanan Informasi Publik. Terutama pemanfaatan aplikasi untuk mendukung program dan implementasi kesehatan serta kebutuhan medis khususnya di wilayah Kabupaten Beltim.
“Jadi setiap ada perubahan pelayanan atau inovasi pelayanan dari BPJS bisa segera disampaikan kepada masyarakat dan dengan adanya penyebarluasan informasi tersebut pelayanan bisa lebih baik,” pungkas Bayu. (Ln)
Kembali ke Berita